5 Buah untuk Anda yang Susah Tidur di Malam Hari

Apakah Anda termasuk salah satu penderita insomnia atau susah tidur di malam hari? Jika iya, sebaiknya mulailah untuk mengatasinya karena insomnia tidak baik bagi kesehatan tubuh. Insomnia bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya masih memiliki beban pikiran atau kebiasaan yang tidak sehat.

Sulit tidur di malam hari dapat dialami siapa saja. Meski sudah diantisipasi dengan tidur lebih awal, tetap saja hasilnya nol. Namun, Anda tidak boleh putus asa. Sebab, selalu ada solusi disetiap masalah. Selain melakukan berbagai kegiatan produktif untuk membantu tidur lebih cepat, Anda juga bisa mengonsumsi buah untuk susah tidur berikut ini.

1. Kiwi

Terkadang, banyak orang takut saat ngemil dimalam hari lantaran khawatir akan sulit untuk tidur lelap. Namun, tidak dengan kiwi. Sebab, makanan ini bisa membantu Anda tidur nyenyak hanya dengan beberapa potong buah kiwi segar saja.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Taipei Medical University di Taiwan yang menyatakan bahwa makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur akan membantu orang-orang lebih cepat tidur dengan nyenyak.

Selain itu, buah kiwi mengandung nutrisi lengkap, seperti vitamin C, vitamin E, serotonin, dan folat. Semua zat tersebut akan membantu Anda terbuai dalam mimpi lebih awal.

2. Kedelai dan olahannya

Apakah Anda hobi mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai, seperti tahu, miso, tempe, hingga edamame yang kaya isoflavin? Jika iya, cobalah untuk lebih rutin makan makanan tersebut. Sebab, senyawa dalam makanan ini membantu meningkatkan produksi serotonin di otak Anda.

Zat serotonin berperan membuat Anda merasakan kantuk. Pernyataan ini didukung oleh hasil studi Nutritional Jurnal pada tahun 2015, dimana orang yang mengonsumsi dua porsi makanan berbahan dasar kedelai setiap hari akan membuat tidur malam mereka lebih pulas.

3. Makanan tinggi serat

Makanan untuk susah tidur malam lainnya adalah makanan yang kaya akan serat. Jenis makanan ini dikaitkan dengan gelombang restoratif. Berdasarkan Journal of Clinical Sleep Medicine, semakin banyak seseorang makan makanan kaya serat, maka kualitas tidurnya semakin baik.

Serat berperan menghambat lonjakan gula darah yang sekaligus menurunkan melatonin. Anda bisa mendapatkan makanan kaya serat ini dari gandum, quinoa, sereal, dan artichoke.

4. Buah pisang

Siapa sangka, buah pisang yang mudah diperoleh di sekitar kita ini berperan dalam membantu seseorang lebih cepat tidur. Umumnya, pisang dikenal karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Rupanya, tidak sebatas itu saja. Sebab, pisang merupakan sumber vitamin B6 yang baik dan berguna dalam pembentukan hormon melatonin dalam tubuh.

Hormon inilah yang memicu rasa kantuk dalam kondisi apapun, baik saat lampu kamar menyala ataupun kondisi gelap. Selain itu, kandungan pisang lainnya berupa magnesium dan triptofan membantu otot-otot tubuh lebih rileks. Tahukah Anda, triptofan membantu memicu produksi serotonin di otak? Dengan demikian, suasana hati akan lebih baik dan lebih mudah tertidur.

5. Alpukat

Siapa yang mengaku hobi makan alpukat? Buah satu ini memang kerap sekali disajikan dalam bentuk jus dan aneka resep lainnya. Namun, jangan ngaku gemar alpukat kalau belum tahu manfaatnya sebagai makanan untuk orang susah tidur. Ya, kandungan vitamin B dalam buah alpukat yang cukup tinggi ini membantu mengatur kualitas tidur Anda lebih baik. Konsumsilah buah ini secara rutin saat makan siang dan malam hari supaya tidur Anda lebih nyenyak.

Sekian beberapa makanan yang bisa dikonsumsi di kala Anda susah tidur di malam hari. Tapi, sebaiknya Anda tidak mengandalkan makanan ini saja untuk mengatasi insomnia. Hindari stres dan olahraga rutin termasuk cara mengatasi susah tidur di malam hari yang cukup efektif.

Bila insomnia tidak kunjung membaik, segeralah hubungi dokter untuk menemukan cara yang lebih efektif. Hal tersebut dikarenakan bisa jadi penyebab Anda susah tidur adalah masalah kesehatan tertentu.

Itulah beberapa manfaat dari buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan buah aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan untuk membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain buah, Anda juga dapat membeli aneka produk kebuthan sehari – hari di sini seperti aneka sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, beli di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.