5 Tips Menentukan Asuransi Mobil Di Indonesia Yang Sesuai Dengan Kriteria

Kata asuransi belakangan ini mungkin sudah tak asing lagi untuk didengar, baik langsung maupun dari sejumlah media. Terutama bagi pemilik dari kendaraan beroda empat telah ada beberapa perusahaan asuransi mobil di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Mengingat harga mobil yang tidak murah maka perlu adanya jaminan jika tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga berdampak kerugian bagi pemilik. 

Perlu diketahui bahwa asuransi dari kendaraan mobil ini terbagi menjadi dua, yaitu All Risk dan juga TLO. Jika sebelumnya orang hanya mengetahui asuransi kesehatan saja maka bisa mempelajari terkait asuransi dari kendaraan ini. Berikut akan disajikan beberapa tips dalam menentukan asuransi kendaraan mobil yang tepat di Indonesia:

1. Mempertimbangkan Hal Yang Ditanggung Asuransi

Tips yang pertama untuk menentukan pilihan asuransi mobil di Indonesia yang sesuai adalah dengan memperhatikan apa saja hal yang nantinya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Tentunya perkara ini dilakukan sebelum seseorang memutuskan untuk menjatuhkan kontrak asuransi pada sebuah perusahaan penyedia layanan. 

Dengan begitu peserta asuransi dapat mengetahui apa saja hak yang kiranya dimiliki guna memperoleh polis dalam asuransi tersebut. Jika hal yang dimaksud telah diketahui, maka calon peserta bisa memilih perubahan yang sesuai dengan kriterianya. 

2. Melihat Besaran Premi Yang Ditawarkan 

Berdasarkan latar belakang calon peserta yang berbeda-beda dalam segi finansial, tentunya setiap perusahaan menyediakan kisaran premi yang beragam juga. Misalnya untuk jenis asuransi kendaraan dalam kategori all risk memang terbilang lebih besar preminya dengan kisaran 2 sampai dengan 3 persen dari total harga mobil. 

Sementara untuk jenis mobil TLO biasanya premi yang harus dibayarkan sebesar 0,8 hingga 1 persen dari keseluruhan harga mobil. Pertimbangan akan besaran premi cukup penting dijalankan. Jangan sampai calon peserta hanya melakukan pemilihan berdasarkan gengsi semata, kemudian tanpa melihat kemampuan finansial yang dimiliki. 

3. Menyesuaikan Tahun Keluaran Mobil 

Pada umumnya mobil yang sudah tergolong tua akan memiliki harga jual yang tergolong rendah. Maka dari itu nilai dari asuransi yang ada juga menjadi lebih kecil. Apalagi jika mobil tersebut telah memasuki usia lebih dari 10 tahun. Untuk jenis kendaraan yang sudah berumur tua sebaiknya memilih tipe asuransi dalam kategori all risk. Sementara bagi mobil yang masih tergolong baru bisa memilih asuransi tipe TLO. 

4. Mempertimbangkan Kredibilitas Perusahaan 

Pilihan jenis asuransi memang sudah cukup beragam, selain asuransi kesehatan ada juga asuransi dalam bidang kendaraan seperti mobil. Dimana dalam menentukannya bisa mempertimbangkan beberapa tips, salah satunya tingkat kredibilitas dari perusahaan terkait. 

Kredibilitas tersebut bisa dilihat dari jangkauan yang dimiliki oleh perusahaan, dimana calon peserta bisa memilih perusahaan asuransi yang memiliki jangkauan di seluruh wilayah Indonesia. Mengingat beberapa diantara perusahaan yang berstatus swasta memiliki jangkauan yang tak merata. 

5. Melakukan Perbandingan

Tips lainnya untuk menentukan asuransi kendaraan dalam jenis mobil yang tepat adalah dengan melakukan perbandingan antara sejumlah perusahaan. Hingga bagi orang yang hendak menjalankan asuransi kendaraan, jangan sampai hanya terpaku pada satu pilihan perusahaan saja. 

Mengingat semakin banyak perusahaan yang dilakukan perbandingan. Maka akan semakin banyak pula referensi yang dimiliki sehingga bisa memilih perubahan dengan penawaran manfaat paling banyak. 

Demikian pembahasan mengenai 5 tips menentukan asuransi mobil di Indonesia yang sesuai dengan kriteria. Dari ulasan di atas bisa diketahui bahwa penyesuaian jenis asuransi yang ada dengan tahun pembelian mobil penting dilakukan. Selain itu pertimbangan besaran premi juga tidak boleh terlewatkan, karena harus disesuaikan juga dengan kemampuan finansial yang dimiliki.