Ikuti Langkah-langkah Benar Ini Agar Klaim Allianz Diterima

Asuransi Allianz termasuk dalam jajaran perusahaan asuransi terbesar yang ada di dunia, layanan yang merasa tawarkan sangat banyak dan juga preminya sendiri terjangkau, tak heran jika seandainya banyak masyarakat di Indonesia yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik. Allianz ini sendiri juga menawarkan kemudahan di dalam mengajukan klaim produknya, diantaranya adalah dengan kehadiran dari klaim Allianz berbasis online. Sebagian diantara Anda tentunya sudah tidak asing dengan hal tersebut bukan.

Memang pada dasarnya semenjak masa pandemi ini klaim asuransi menjadi semakin meningkat, khususnya adalah pada produk asuransi kesehatan serta asuransi jiwa, mengingat memang ada banyak yang membutuhkannya. Di satu sisi perusahaan asuransi juga banyak menawarkan inovasi demi kemudahan nasabah mereka dalam mengajukan klaim. Sehingga tak hanya sistem klaim langsung saja, melainkan juga ada yang berbasis online sehingga lebih praktis, karena klaim dapat dilakukan dari mana saja.

Bagi yang merasa bahwa klaim Allianz ini sulit sebenarnya tidak, asalkan Anda mengikuti langkah-langkah tepatnya berikut ini, maka nantinya pengajuan klaim juga akan langsung diterima, yaitu:

  1. Memastikan bahwa data Anda benar, ketika mengisi data pribadi pada saat melakukan pendaftaran hendaknya sesuai dengan data diri yang ada di KTP, sehingga nantinya hal tersebut akan mempermudah proses klaim asuransi. Begitu juga ketika mengisi form untuk klaim, pastikan sesuai dengan data yang ada di polis Anda, sehingga mempermudah proses pengajuan nantinya. Sehingga jangan asal mengisi data diri, karena semua harus sesuai.
  2. Polis aktif, cek juga kondisi polis asuransi Anda, ini adalah dokumen penting yang dipakai untuk pengajuan klaim, pastikan bahwa polis tersebut dalam kondisi yang masih aktif. Karena ketika polis tersebut sedang tidak aktif maka nantinya akan sulit juga untuk mengajukan klaim, penyebab polis tidak aktif bisa jadi karena pembayaran asuransi melewati jatuh tempo.
  3. Telah melewati masa tunggu, khususnya pada beberapa jenis asuransi seperti asuransi kesehatan akan diberikan waiting periode untuk mengurangi kasus pre-exciting condition, yaitu kasus ketika orang sudah sakit terlebih dahulu sebelum membeli asuransi. Jika telah melalui masa ini maka nantinya klaim juga akan mudah.
  4. Cari tahu kasus yang dapat diklaim dengan asuransi Anda, Anda tinggal membaca polis asuransi yang dimiliki tersebut kemudian melihat jenis kasus-kasus apa sajakah yang dapat diklaim dengan asuransi. Karena jika seandainya kasus yang ingin Anda klaim tersebut tidak termasuk dalam cakupan perlindungan, secara otomatis nantinya tidak dapat mengajukan klaim asuransi.
  5. Jangan menunda untuk mengajukan klaim, pastikan mengajukan klaim tepat waktu, apalagi beberapa jenis asuransi memberlakukan batasan waktu pengajuan klaim. Jika melebihi waktu yang sudah ditentukan maka nantinya klaim juga akan ditolak.
  6. Menyertakan dokumen secara lengkap, pastikan bahwa setiap dokumen yang menjadi persyaratan di dalam pengajuan asuransi tersebut juga Anda lengkapi, karena jika ada satu saja yang kurang maka nantinya klaim akan ditolak.
  7. Pastikan bahwa kejadian tersebut tidak berada dalam masa perlindungan, tidak disebabkan oleh pelanggaran hukum, kasusnya tidak disengaja dan sejenisnya. Karena hal-hal tersebut juga bisa menyebabkan klaim Anda ditolak.

Klaim Allianz ini terbilang paling mudah dibandingkan yang lainnya, apalagi memang mereka juga punya fasilitas klaim online untuk jenis asuransi kesehatan, makin praktis karena bisa mengajukan klaim dari rumah, prosesnya juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan klaim langsung.